pengalaman pergi ke luar negeri

Tips Bepergian Ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

pengalaman pergi ke luar negeriBeberapa orang berpendapat bahwa bepergian ke luar negeri merupakan suatu pengalaman yang menarik apalagi untuk pertama kalinya. Ada yang super excited sampai-sampai datang ke bandara jauh lebih awal dari waktu check in pesawat. Namun, masih banyak juga yang masih merasa bingung, ragu dan takut. Pada dasarnya bepergian baik ke luar maupun dalam negeri hampir sama. Perbedaannya hanya pada proses imigrasi dan bea cukai saja. Biasanya proses ini yang menjadi keraguan bagi yang pertama kali ke luar negeri. Belum lagi dengan peraturan visa yang berbeda di tiap negara tujuan. Cara pengurusan visa yang ribet dan ketentuan lainnya.

Jika Anda hendak ke luar negeri untuk pertama kali ada baiknya baca tips bepergian ke luar negeri berikut ini.

Tips yang pertama adalah persiapan dokumen. Untuk pergi ke luar negara Indonesia dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:

  • PASSPORT. Memiliki passport adalah wajib jika akan bepergian ke luar negeri. Masa berlaku passport adalah 5 tahun sejak tanggal diterbitkannya. Passport bisa digunakan dengan menyisakan masa berlaku minimal 6 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan hingga tanggal berakhirnya passport. Untuk cara mendapatkan Passport RI silahkan baca Panduan Cara Membuat Paspor Sendiri.
  • VISA. Visa adalah dokumen yang diterbitkan oleh perwakilan negara tujuan (Kedutaan atau Konsulat) yang menandakan bahwa Anda mendapatkan ijin tinggal untuk beberapa waktu di negara tujuan. VISA ditempel di passport Anda. Tidak semua negara tujuan mewajibkan Visa. Berikut daftar negara yang membebaskan visa bagi warga Indonesia.

Tips yang kedua adalah hal yang perlu Anda siapkan selama perjalanan.

  • Tiket Pesawat. Sebagian bersar perjalanan ke luar negeri dicapai melalui jalur udara. Sebaiknya Anda membeli sekaligus tiket pulang untuk kunjungan yang singkat (bukan untuk sekolah atau bekerja). Tiket kembali biasanya juga digunakan sebagai syarat untuk mengurus visa untuk memastikan Anda bisa kembali ke tanah air tanpa harus menjadi beban negara tujuan. Jika Anda bepergian ke Malaysia mungkin bisa baca tips mendapatkan Tiket Murah ke Malaysia
  • Hotel atau tempat menginap. Alamat tempat penginapan terkadang harus ditulis saat pengajuan visa.
  • Perlengkapan pribadi. Membawa obat-obatan, pakaian, perlengkapan mandi adalah penting. Meskipun bisa didapat di negara tujuan tapi Anda perlu waktu untuk mendapatkannya.

Tips yang ketiga terkait dengan proses imigrasi di bandara.

  • Check in. Jika Anda sudah pernah bepergian dengan pesawat untuk tujuan dalam negeri mungkin proses ini tidak perlu khawatir, karena prosesnya hampir sama dengan penerbangan domestik. Pembedanya adalah petugas memeriksa passport Anda. Perbedaan lainnya adalah penumpang diberikan Kartu Imigrasi yaitu sebuah kartu yang terdiri 2 bagian dengan isi yang sama, sisi kiri Kartu Keberangkatan dan sisi kanan Kartu Kedatangan. Data-data yang perlu diisi dalam Karu Imigrasi adalah Nama, Jenis Kelamin, Tempat & Tanggal lahir, Nomor Passport, Tempat Pengeluaran Passport, Tanggal Terbit Passport, Tanggal Berakhir Passport, Jenis Passport (Individu atau Keluarga), dan Nomor Penerbangan. Isi dan tanda-tangani Kartu Imigrasi ini sebelum memasuki pemeriksaan passport oleh petugas imigrasi. Tidak ada perbedaan untuk proses bagasi dan boarding pass.
  • Pemeriksaan passpor di Imigrasi. Bawalah Kartu Imigrasi yang sudah Anda isi beserta passport dan boarding pass Anda untuk antri di bagian Imigrasi. Jika tidak ada masalah Petugas imigrasi akan membubuhkan stempel di passport Anda dan memotong sisi kiri Kartu Imigrasi (Kartu Kedatangan), tetapi terkadang disobek saat akan memasuki pesawat. Simpan baik-baik potongan sisi kanan karena akan digunakan saat Anda kembali. Setelah proses imigrasi selesai segera bergegas ke ruang tunggu.
  • Terbang atau Boarding. Kini saatnya meninggalkan tanah air. Pramugari atau awak kabin akan membagikan Kartu Imigrasi Negara Tujuan sebelum mendarat yang pada prinsipnya sama dengan Kartu Imigrasi Indonesia. Isi kartu ini selagi Anda berada di pesawat agar tidak membuang waktu sebelum pemeriksaan imigrasi di negara tujuan. Kartu lain seperti bea-cukai, kartu kesehatan tidak selalu ada dan berbeda perlakuan untuk setiap negara.
  • Mendarat atau Landing. Anda akan diarahkan menuju terminal kedatangan. Jika Anda memasuki negara dengan fasilitas Visa on Arrival (VoA) maka urus dulu VoA sebelum antri imigrasi. Baca artikel ini untuk mengetahui Perbedaan Visa on Arrival (VoA) dan Visa Biasa.
  • Pemeriksaan passport Imigrasi negara tujuan. Bawalah Kartu Imigrasi Negara Tujuan yang sudah diisi dan passport Anda. Petugas akan memindai passport Anda dan merobek sisi bagian kiri (Kartu Kedatangan). Simpan baik-baik potongan satunya lagi karena akan digunakan saat pemeriksaan pasport saat meninggalkan negara tersebut. Di negara manapun hampir semua petugas imigrasi bermuka kaku dan pelit senyum (sangar).
  • Pengambilan bagasi. Ambil bagasi dan pastikan tidak tertukar dengan bagasi orang lain. Jika Anda tidak menemukan bagasi Anda segera datang ke bagian Lost & Found.
  • Bea cukai. Jika tidak ada barang-barang yang harus terkena bea masuk, Anda cukup melintasi jalur hijau. Sebaliknya jika ada barang yang harus dibeakan masuki jalur merah. Petugas ada kalanya memeriksa koper serta tas Anda. Setelah proses ini Anda bisa meninggalkan bandara untuk melanjutkan perjalanan Anda di negara tujuan.

Sementara tips saat kepulangan hampir sama dengan keberangkatan. Tips ini diambil dari berbagai sumber dan juga pengalaman pribadi penulis.

[syn]

41 thoughts on “Tips Bepergian Ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

  1. saya mau tanya, apa taggal yang terterah (issued date and expired date) pada visa, itu juga termasuk tanggal ijin kita tinggal di negara tujuan?. di visaku issued date nya tgl 8 maret, trus expired date nya 8 juni. masalahnya di tiket keberangkatanku itu tlg 25 april bru aku berangkat dan tanggal pulangnya tgl 18 juni.
    so, itu bagaimana ya?

  2. Pak mau tanya, april ini saya mau liburan ke Singapura selama 4 hari berdua saja dengan keponakan saya yang umurnya 5,5 tahun. Apakah ada dokumen/surat2 yang harus saya siapkan selain pasport ponakan saya itu supaya nantinya tidak ada masalah di imigrasi Indonesia dan Singapura berhubung berangkatnya bukan dengan orang tua? jfi keponakan saya ini pasportnya baru jadi dan belum pernah ke luar negeri sedangkan saya sudah pernah tapi dengan teman2. thanks loh pak

    • wah, kurang tahu untuk kasus seperti ini. tapi seharusnya sih kalau keponakan udah ada passport ngga masalah, petugas immigration ga ngecek itu anak siapa. :d

      *fyi, pembuatan passport harus ada surat keterangan dari orang tua, dan salah satu dari ortu mereka juga harus punya passport.

  3. Mas, mau tanya. Kalau nama kita hanya satu suku kata, padahal paspor terdiri dari 3 suku kata (ditambahi nama ortu, karena ingin ke Saudi). Tiketnya apakah hanya nama kita saja atau sesuai paspor yah? Terima kasih..

  4. pak ikutan tanya penting ini pak buat saya mau ngunjungi sodara di malaysia kalo menurut peraturan saya tinggal disana maksimal berapa hari pak. apa bisa sampai satu bulan pak maklum pak ini baru pertama kali mau ke luar negri. Mohon penjelasanya terimakasih sebelumnya.

  5. Pak mau tanya, saya mau menikah dengan warga negara asing yang bekerja di Singapura, bagaimana cara mengurus visa khusus agar saya bisa tinggal lama bersama suami saya di negara singapura ? maksimal berapa lama untuk batas waktu nya untuk tinggal di negara singapura ? terima kasih informasinya pak

  6. Assalamualaikum..
    saat ini saya bekerja di hongkong sebagai domestic helper. suatu saat saya ingin berlibur ke hongkong lagi, apa saya harus apply visa lg kalo masa berlakunya paspor masih 2 tahun.
    apa beda nya visa kerja dgn visa kunjung???
    terima kasih

    • @ aisyah

      w.slm visa dan paspor itu beda cerita, paspor itu id-card yg diakui internasional, kalau visa itu izin tinggal (kitas). setahu saya kalo ke honkong ga perlu visa kecuali lebih dari 30 hari yang dikategorikan bukan lagi berlibur :D visa kerja ya jelas buat kerja (per tahun biasanya) kalo visa kunjung per 3 bulan biasanya…

  7. ass..
    saya berancana liburan ke HK bulan februari selama seminggu,dan ini pertama kalinya saya keluar negri. saya juga berencana untuk menginap di tempat sepupu saya yg bekerja dsana. saya bingung jika nanti ditanya oleh ptugas imigrasi ttg almat yg ku tuju, apa saya harus memberitahu alamat apartement atas nama sepupu saya?

    • @ jheny

      w.slm wr wb, wah, selamat liburan ya… ga usah takut walau pertama ke luar negeri, kalo saran saya sih jangan ditulis menginap di apartemen saudara, bilang aja menginap di hotel ini, dan mau buking kalo dah sampai…

  8. hi pak
    saya mau tanya, sy lupa expired date passport sy kurang dari 6 bulan.dan posisi sy skrang ada di singapore.apakah sy bisa kembali ke indonesia dengan kondisi expired date passport sy kurang dari 6 bulan..di tunggu pak respondnya..

  9. selamat sore…
    saya mau tanya,saya mau pergi ke malaysia.
    tapi saya lahir di malaysia tapi saya dah besar di indonesia sejak taihun 1997 s/d 2012.
    dengan status saya kayak sekarang apa yang harus saya lakukan agar dapat bepergian ke malaysia.

    please sarannya ya…

    by: HADRIO PUTRA

  10. Selamat malam,
    Saya mau nanya nih, kan saya mau ke malaysia dan singapura, tapi tanda tangan di ktp dan paspor saya berbeda. Apakah itu akan menjadi masalah? Nanti bila harus ttd kartu imigrasi pakai ttd versi ktp atau versi paspor? Terimakasih sebelumnya

  11. assalam. pak mo nanya: sy diminta teman malaysia untuk bantu mengajar disana sementara kalo sy pergi istri dan anak sy yg umur 3thn g mungkin ditinggal, terus apa yang harus sy lakukan?? trims ya…

    • @moh hafizh
      w.slm wr wb, ya dibawa aja anak sama istrinya =)) banyak kok warga indonesia yang kerja sambil bawa keluarga juga… yang jelas mereka juga perlu visa tinggal di malaysia.

  12. Anak saya , WNI, akan bekerja di Malaysia, akan mengurus Visa kerja di Malay . Sementara ini, dia harus bolak balik keluar Malaysia setiap bulannya . Mau tanya, apa ada visa wisata yang berlaku 3 bulan ? Dimana & bagaimana mengurus nya ? trims

  13. Bgini mas, saya mau numpang nanya sekarang saya megang paspor yang 24 halaman, kan sekarang paspor 24 halaman bukan diperuntukkan buat TKI saja melainkan buat umum juga bisa
    Tapi apakah bila saya ingin ke singapore akan tetap di sangka TKI ? Terus bila di sangka TKI gimana tips nya.? terima kasiht

    • @ eko

      wah, saya baru tahu kalo paspor 24 halaman bisa dipake umum, yang saya pahami paspor 24 hal khusus buat tki aja, kemaren temen bikin paspor (2 orang) minta yg 24 halaman ga boleh, harus yg 48, tunjukin aja tiket baliknya aman kok…

  14. Pak,saya mau bertanya,saya kmrn kamis perpanjang passpor saya yg 48 hal yg sudah 1 thn lebih expired,nah pas saya di wawancara petugas meragukan status saya yg sudah ibu rmh tangga,krn dipassport lama saya memang ada record sy pernah kerja di dubai (sy kerja disana direct hired tidak melalui agen)beberapa kali,lalu petugas mencurigai sy kl akan bekeja kembali kesana,lalu petugas meminta surat pm 1 dr kelurahan,dan menegaskan passport tidak bisa dipakai untuk bekerja.apa bisa di batasi kegunaan passport? setau sy kan hanya visa yg berhubungan dgn ijin tinggal.mohon pencerahannya pak.terima kasih atas informasinya

    • @ agnes

      salam, setahu saya (maaf kalau salah) passport hanyalah sebuah identitas yg dikeluarkan oleh suatu negara yg mana bisa diakui sah secara internasional (walaupun ada beberapa kasus pasport dari negara tertentu tidak diakui). untuk urusan bekerja, visa (izin tinggal)-lah yang menjadi acuan. paspor 48 hal bisa saja dipakai untuk bekerja. hanya saja pemerintah sudah mengatur, gunakan paspor khusus 24 hal untuk bekerja (tki).

  15. saya mau tanya, pertama saya keluar negeri kerja sbg domestic helpr,umur saya di tuakan pada tahun 2008 klo saya ingin bikin paspor lagi sekarang. bisa dengan umur asli saya tidak??
    untuk negara tujuan yang sama.
    dan klo beda negara boleh tidak di perbaiki lagi dengan data asli baik nagara tujuan yg berbeda maupun sama?? saya butuh info ini .trimksh banyak…..

  16. Asslmlkm Pak Imam. Salam kenal.
    Saya senang sekali bisa menemukan link ini.
    Gini Pak, Inshaa Allah bsk bulan Januari 2013 saya mau ke UK utk kerja sbg au pair/nanny ke sebuah keluarga disana. Jujur ini baru pertama kalinya saya akan ke luar negeri. Jika saya mau berangkat kesana syarat2 apa saja yg hrus sy persiapkan selain passport n visa? trus, kl mau ngurus bikin visanya itu bgm n syarat2na ap sj? Oia, karena sy dapat kerjanya secara langsung via internet tnpa agen ato depnaker, apakah pengurusannya akan sedikit ribet?
    Mohon pencerahannya ya Pak! Terma kasih banyak sebelumnya.
    May Allah bless you.
    Wasslmlkm.

    • @ Armie

      W.slm, salam kenal juga Armie. Ke UK? Wah, jauh ya. Syaratnya untuk kerja yang jelas Paspor dan Visa. Saya juga kurang berpengalaman dengan Visa UK. Syarat dan ketentuan silahkan hubungi embassy UK di Jakarta ya.

  17. Siang pak….

    Saya mau tanya pak, saya akan berangkat ke Singapura tanggal 1-4 Januari 2013, tetapi expired date paspor saya tanggal 02 Juli 2013. Apakah paspor saya masih bisa dipakai atau harus perpanjang dulu. Mohon saran secepatnya ya pak. Terima kasih.

  18. Syukur saya menemukan site ini…Pak saya berencana Februari sampai maret ke India dan ini pengalaman pertama kali keluar negeri, bagaimana persayaratan pembuatan visa ke India? saya mau mengunjungi pacar saya disana dan dia sebagai pendukung…

    maaf…kemudian July saya mau ke Australia mengunjungi keluarganya disana..bagaiman cara?persyaratn mendapatkan visa Australia ya Pak?

    Makasih sebelumnya

  19. mau tnya nii mas,
    sy prnah k mlaysia sbg pkerja kontrak dan terikat agen,
    tp sy kpengen balik lg kmlaysia sbg plancong gt mas,
    dn yg sy ingin tnyakan dalah,
    passport sy type passport pkerja, klau mw balik lg k mlaysia sbg plancong tu gmn mas?
    apa boleh pkai passport type pkerja sy itu??
    bgmn mas, boleh kah djwap scepatnya….

  20. pagi pak,
    sy mau tnya niii,
    sy prnah k mlaysia jd pkerja dbwh agen,
    jd sy prgi k mlaysia smua tinggal beres….
    tp skrg masalah’y,
    sy mau balik lagi ke malaysia dgn passport type worker tu bisa ga yaa pak??
    trus, kN Harus ada visa pkerja’y klau bgitu,sdngkan sy br mau cari krja stelah sy smpai dsana,
    mohon bpa bisa menjelaskan apa yg hrus sy lakukan…..
    trimakasih….

  21. Salam wualaikum, maaf sbelumnya sy mohon penjelasan mengenai visa kerja yg sy bawa saat ini, saat ini sy sdang berada di perm-russia dan ingin pulang ke bali, apakah nantinya akan dipertanyakan mengenai visa sy sm petugas bandara krn visa kerja sy masih berlaku 20 bulan tp sy sdh pulang?apakah nanti tdk dipermasalahkan dg pertanyaan yg menyudutkan saya?misalnya seperti ini “knapa km pulang sebelum waktunya kan visa kerja km masih 20bln?” Sdangkan sy tdk ada surat rekomendasi dr bos

  22. Selamat malam pak, saya mau tanya, kalau expired date di passport dan di tiket tidak sama, berpengaruh ga ya? mohon jawabannya, terima kasih

  23. mass ku mo tanya , paspor tki apa juga bisa di gunakan untuk visa turis . ato aku hrs ngurus paspor baru lg , aku punya paspor tki tp msh brlaku 2 thn n aku mau jln” ke jepang apakh paspor ku itu bs di gunakan untuk visa turis . makasi mas

  24. Maaf mo tanya , saya mo liburan 3 hari ke kuala lumpur dan singapore , dari jakarta saya beli tiket ke kuala lumpur pulang nya singapore jakarta , yang saya mo tanyakan , apakah bermasalah nanti nya di imigrasi kuala lumpur pergi dan pulang tidak dari kota yang sama ? mohon penjelasan nya segera..Trims

  25. ass wr wb,
    saya april ini akan ke singapura dan thailand untuk yg petama kalinya..
    pasport saya expire juli 13, apakah masih bisa digunakan..
    lalu untuk pengurusan visa ke singapura dan thailand bagaimana yah?
    maklum saya br pertama kali keluar negeri.

    mohon informasinya..
    terima kasih

  26. rencana 3 bulan tinggal di malaysia, apakah harus keluar malaysia tiap satu bulan untuk cap passport (thailand misalnya) lalu masuk lagi malaysia.
    Terima kasih atas batuannnya.

  27. mau nanya dong. kan saya buat paspor umur 16 tahun ttd nya paspor sama ktp beda. nanti pas perpanjangan paspor nya gpp tuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>